Wednesday, June 16, 2010

Desain dan Pemasaran Sebuah Produk

Pemasaran/marketing merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Hal yang pertama kali dilakukan untuk mulai sebuah pemasaran adalah dengan membuat suatu "Rencana Pemasaran" atau "Marketing Plan" yang disesuaikan dengan kebutuhan suatu perusahaan.

Beberapa komponen pemasaran yang ada hubungannya dengan desain adalah:
1. LOGO
2. BROSUR/KATALOG
3. KARTU NAMA
4. WEB-DESIGN


LOGO
Logo seharusnya merupakan hal yang pertama kali diingat oleh customer. Sebuah logo yang bagus, akan membuat orang ingat akan produk yang direpresentasikan oleh logo tersebut. Misalnya NIKE, hanya dengan melihat "swoosh design" maka orang akan langsung mengasumsikan gambar tersebut dengan NIKE dan menghubungkannya dengan peralatan olah-raga
BROSUR/KATALOG/IKLAN
Pada saat melakukan marketing, terkadang tidaklah praktis untuk membawa produk yang akan dijual (kecuali beberapa sample untuk item2 kecil). Brosur/katalog akan membantu sales untuk memberikan ilustrasi pada calon pembeli mengenai produk apa yang akan mereka beli. Hal yang sama juga berlaku untuk sebuah perusahaan jasa. Mereka akan membutuhkan katalog/brosur/iklan yang menggambarkan jasa apa saja yang mereka jual, serta apa yang customer dapatkan dari jasa mereka.

Ketiganya akan memberikan gambaran yang lebih "nyata" karena secara psikologis, manusia selalu mempunyai kecenderungan untuk mengikuti alur "Dari mata turun ke hati". Dengan membuat brosur/katalog/iklan, maka perusahaan anda dapat dengan mudah menunjukkan mengenai produk-produk yang anda jual, atau jasa apa saja yang anda sediakan. Desain yang baik pada brosur/katalog/iklan selalu dapat "berbicara" kepada customer mengenai hal-hal yang hendak direpresentasaikan oleh perusahaan anda.

KARTU NAMA
Kartu nama akan memberikan semacam "identitas" kepada perusahaan anda. Dari kartu nama, informasi mengenai telepon, alamat, serta branding perusahaan akan dapat dengan praktis tersebar luas.

Kartu nama adalah "identitas" yang mengungkapkan kepada calon customer/partner bisnis anda, mengenai siapakah anda, perusahaan apa yang anda representasikan, serta cara untuk menghubungi anda. Sebagai identitas, kartu nama harus memiliki integritas yang mencerminkan kejujuran, inovasi, integritas, loyalty, serta superioritas, agar dapat memberikan kesan baik pada penerima kartu nama anda.

WEB-DESIGN
Pada saat ini, pengguna internet merupakan calon pembeli yang memiliki potensi pasar cukup besar. Website merupakan salah satu sarana pemasaran yang cukup efektif, menilik perkembangan internet marketing akhir-akhir ini, kecenderungan orang untuk melakukan transaksi lewat internet sudah mulai meningkat. Dengan membuat sebuah website yang baik dan merepresentasikan semua aspek perusahaan anda, maka anda dapat menjangkau suatu target pasar yang baru, yang sebelumnya belum pernah anda pikirkan. Dengan website yang mampu untuk memuluskan transaksi online, calon pembeli yang membutuhkan layanan cepat akan dapat terpuaskan.

Misalnya, ada customer yang membutuhkan layanan pengiriman bunga ucapan turut berduka-cita untuk koleganya dari perusahaan lain di negara lain. Tidaklah praktis jika calon customer ini harus mencari sendiri ke negara tersebut untuk dapat menemukan perusahaan yang dapat mengirimkan bunga kepada koleganya. Dengan teknologi internet, calon customer dapat mencari situs yang bisa memberi layanan jasa tersebut, membayar jasa layanan tersebut lewat internet (menggunakan kartu kredit, paypal, etc) tanpa harus keluar dari kantor/rumah.


Aspek-aspek diatas merupakan salah satu dari banyak aspek yang mungkin bisa dicover oleh desain dalam penerapannya.

No comments:

Post a Comment